Senin, 07 Oktober 2019

HUBUNGAN ANTARA MULTIMEDIA DAN BISNIS

Bisnis dan teknologi informasi merupakan dua hal yang berkaitan. Terlebih di era saat ini teknologi memiliki peran yang besar bagi aktivitas manusia. Sehingga pengaruh teknologi informasi tidak dapat diremehkan, karena proses globalisasi yang berjalan begitu cepat yang memberikan pengaruhi pada cara berpikir maupun berperilaku. Peran pentingnya teknologi informasi ini juga memberikan pengaruh pada dunia bisnis. Pada dunia bisnis teknologi membantu banyak terutama terkait sistem informasi yang terintegrasi dengan baik, yang mana sistem informasi yang terintegrasi dibangun atau dirancang untuk mengatasi sekaligus membantu para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnis ke arah yang lebih baik. Selain itu, pekerjaan atau aktivitas yang berhubungan bisnis akan lebih mudah dengan memanfaatkan sistem kerja yang efektif dan efisien.
Bisnis dan Teknologi Informasi (via wordpress)
Teknologi informasi sendiri merupakan istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengelola atau menyebarkan informasi. Hal itu otomatis perlu dikaitkan antara bisnis dan teknologi informasi karena dalam berbisnis melakukan penyebaran informasi merupakan hal penting seperti melakukan promosi melalui media online. Bahkan dapat dikatakan jika bisnis tanpa teknologi informasi akan berjalan tidak maksimal karena begitu ketatnya persaingan. Sebaliknya, teknologi informasi tanpa bisnis pun tidak akan berjalan maksimal. Untuk itu, hubungan bisnis dan teknologi informasi ini sangatlah penting, dan bagi para pelaku bisnis sudah seharusnya mengetahui hubungan kedua hal tersebut.
Memanfaatkan teknologi dalam melakukan proses bisnis akan membawa dampak positif kepada perkembangan bisnis itu sendiri dan pelaku bisnisnya. Mengapa?
Bisnis yang memanfaatkan teknologi informasi akan memudahkan melakukan komunikasi. Dalam menjalankan proses bisnis tidak luput dari komunikasi, yang mana hal ini peran teknlogi informasi mendorong kecepatan dalam melakukan aktivitas tersebut. Seperti misalnya melakukan pertukaran pesan melalui e-mail antar rekan kerja ataupun menggunakan aplikasi lainnya yang berbasis internet. Selain itu, pelaku bisnis dapat dengan mudah melakukan komunikasi dengan para konsumen sehingga mengetahui kebutuhan konsumennya dengan tepat. Tentunya hal itu akan memberikan dampak yang besar dan dapat mengembangkan bisnis yang dijalankan.
Kemudian, bisnis dan tekonologi informasi yang diterapkan pada suatu perusahaan akan membantu proses monitoring pergerakan bisnis. Pelaku bisnis dapat mengetahui pergerakan bisnis dengan memanfaatkan jaringan internet dengan menggunakan report harian atau bulanan sehingga memudahkan dalam menyusun strategi kedepannya. Selain itu, pelaku bisnis juga dapat memonitoring kinerja karyawannya melalui pemanfaatan teknologi informasi. Sehingga pekerjaan akan mudah diselesaikan dan lebih praktis dibanding jika menerapkan metode manual atau tradisional.
Menghemat biaya produksi dan operasional juga termasuk dalam manfaat jika bisnis menerapkan teknologi informasi. Dengan berkembangnya teknologi informasi yang setiap hari menunjukan perubahannya membuat perusahaan dapat melakukan pengawasan atau mengkontrol biaya-biaya yang di keluarkanya setiap hari. Hal tersebut dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan untuk mengurangi biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk produk sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar, tentu saja dengan pertimbangan pertimbangan yang matang ini dibantu oleh teknologi informasi. Terutama ketika memanfaatkan teknologi informasi untuk pemasaran seperti yang sudah disinggung diatas, yang mana tentu ini menghemat biaya karena pelaku bisnis dapat mempromosikan bisnisnya melalui sosial media seperti intagram yang sering digunakan oleh pelaku bisnis saat ini.
Selain itu, hubungan bisnis dan teknologi informasi jika diterapkan akan membuka akses informasi dan penyebaran informasi dengan mudah. Seperti yang telah diketahui jika memanfaatkan teknologi informasi untuk melakukan promosi atau kegiatan yang sifatnya mempublikasikan baik itu berupa berita, iklan, pengetahuan dan informasi lainnya melalui jaringan internet maka akan mudah tersebar dengan cepat dibandingkan dengan menggunakan cara yang konvensional seperti menggunakan surat kabar, ataupun pemasangan iklan. Tentu saja hal tersebut juga berdampak pada pengeluaran biaya yang lebih sedikit jika di bandingkan penyebaran informasi dengan cara yang konvensional yang dapat mengeluarkan biaya yang tentu tidak sedikit.
Dari beberapa informasi di atas, maka dapat dikatakan bahwa hubungan bisnis dan teknologi informasi sangatlah erat, seperti bisnis dengan persaingan ketat yang akan mati tanpa teknologi informasi. Sehingga pengaruh teknologi informasi ini terhadap aktifitas dan perilaku organisasi dalam lingkup bisnis sangat diperlukan. Selain itu hal ini tentunya akan mendukung penerapan sistem informasi agar dapat berjalan dengan baik dan selaras dengan apa yang dibutuhkan oleh manajemen organisasi bisnis itu sendiri. Akan tetapi, manfaat yang sangat banyak diberikan dalam bidang bisnis tidak menutup kemungkinan adanya penggunaan teknologi infromasi yang juga dapat disalah gunakan dalam hal yang kurang tepat. Oleh karena itu, sebaiknya para pelaku bisnis menggunakan teknologi informasi dengan tepat, bijak dan sesuai dengan kebutuan bisnisnya. (Baca juga Peran Penting Software ERP Dalam Bisnis 



https://3.bp.blogspot.com/-ee5dgblnpAM/WxQIyPOcTeI/AAAAAAAAAc4/LCAaqlEC2voRs5fcTzz3v7ZAP5rOBpf-QCLcBGAs/s400/tpc-ip-and-osi-model-cellbiol.com_.png


















https://zahiraccounting.com/id/blog/bisnis-dan-teknologi-informasi-apa-hubungannya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar